Minggu, 26 Maret 2017

NASKAH PIDATO "MEMPERSIAPKAN DIRI MENJADI PEMIMPIN MASA DEPAN"

MEMPERSIAPKAN DIRI MENJADI PEMIMPIN MASA DEPAN

Assalamu’alaikum, warahmatullohi wabarakaatuh,
Audzubillahiminasyaitonirrojim, bismillahirrohmanirrohim, Alhamdulillaahirobbil aalamiin, washsholaatu wassalaamu’ alaa asyrofil anbiyaa i wal mursalina, wa’alaa aalihi washohbihi ajma’iina. Amma ba’du,
Dewan juri dan teman-teman peserta lomba yang saya hormati,
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan rahmat hidayahNya sehingga kita dapat berkumpul dalam rangka lomba pidato tanpa halangan suatu apapun. Sholawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW,  semoga kelak kita mendapat shafaatnya, amin Allohuma Amiiiin..
Pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan pidato dengan tema “mempersiapkan diri menjadi pemimpin masa depan”
         Pemimpin masa depan harus kita siapkan dari sekarang, lalu siapakah yang harus menjadi peminpin masa depan itu? Jawabnya adalah kita semua, saya, teman-teman dan semua calon generasi yang bertebaran di seluruh pelosok negeri adalah calon-calon pemimpin masa depan. Bagaimana mempersiapkan peminpin masa depan jawabnya adalah belajar dan belajar. Masa-masa belajar adalah merupakan sarana menuju jiwa kepemimpinan karena melalui tahap-tahap tersebut jiwa dan raga kita dididik berbagai disiplin ilmu yang sangat diperlukan oleh seorang pemimpin, karena seorang peminpin harus sehat, kuat lahir dan batin serta cepat dan tepat mengambil keputusan dalam situasi apapun.

            Teman-teman, di sekolah kita setiap tahun melakukan pemilihan pengurus kelas bukan??, dari situ kita berlatih memilih pemimpin sementara teman-teman kita yang terpilih menjadi pengurus secara langsung belajar menjadi pemimpin bagi teman-teman sekelasnya, bahwa seorang peminpin kelas harus bertanggungjawab terhadap segala hal yang terjadi di dalam kelasnya. Salah satu contoh tersebut jelas menunjukan bagaimana seorang pemimpin kelak tidak serta merta terbentuk tetapi dilatih sejak belia.
            Teman-teman yang berbahagia,
Bapak dan ibu guru selalu mendidik kita agar kita menjadi pemimpin karena kelak kita akan menjadi pemimpin semua, terutama pemimpin bagi diri sendiri, agar selanjutnya dapat mengarahkan orang lain ke arah yang lebih baik. Pemimpin bukan hanya memberi contoh yang baik tetapi juga harus dapat merubah apa-apa yang tidak baik menjadi baik atau yang sudah baik menjadi jauh lebih baik.
            Dewan juri dan teman-teman yang saya hormati dan cintai,
Mari persiapkan diri kita menjadi pemimpin masa depan sejak sekarang dengan menimba ilmu setinggi mungkin sebagai bekal yang tak dapat habis, saatnya kelak jika kita semakin banyak membagi ilmu maka akan semakin banyak manfaat bagi orang lain dan bagi kita justru akan semakin tidak akan hilang dari ingatan.
Jiwa kepemimpinan akan menjadikan teman-teman di sekitar kita merasa nyaman di dekat kita karena merasa terlindungi, setiap permasalahan yang terjadi diantara sesama teman pasti akan mampu diselesaikan dengan baik.
Teman-teman semoga kelak kita menjadi pemimpin yang demikian, sebelum saya akhiri, saya ingin berpantun,
Kenari terbang dilangit biru
Gagak hinggap di atas tanah
Mari berbekal setinggi ilmu
Kelak dewasa jadi berguna

Sekian pidato saya, semoga membawa manfaat bagi semua, billahitaufiqwalhidayah, Wassalamu’allaikum, warahmatullohi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar